Pokémon Sun and Moon: Game Nintendo Paling Laris di UK

Berita Games Playstation 4

Pokémon Sun and Moon: game yang diluncurkan oleh Nintendo ini, bisa dibilang sukses dengan penjualan paling cepat di Inggris, menurut Eurogamer.

Penjualan ini terbantu adanya Pokémon Go yang booming di musim panas tahun ini, dengan lebih dari 25 juta orang memainkannya dari ponsel pintar mereka. Di lain berita, Pokémon Sun and Moon dilaporkan terjual hampir 2 juta copy atau lebih tepatnya 1.905.107; di 3 hari pertama sejak peluncurannya di Jepang.

Hal ini rupanya memang awal yang membanggakan untuk wilayah Jepang sendiri, setelah sebelumnya Nintendo meluncurkan Pokémon X and Y. Sebagai pembanding, penjulan Pokémon X and Y di Jepang, dilaporkan terjual 1.866.570 copy di 2 hari pertama. Angka ini belum termasuk digital copies. Menurut Famitsu, Pokémon X and Y, berhasil menjual 2.096 juta copy di 3 hari pertama, selangkah lebih jauh dari Sun and Moon. Walaupun Sun and Moon sedikit ketinggalan dari X and Y—1.905 juta copy ini termasuk best launch kedua untuk 3DS game di Jepang.

 

Bagaimana pun juga, derasnya penjualan Pokémon Sun and Moon tidak mengejutkan lagi, faktanya, Nintendo mengumumkan mereka telah mengirimkan 10 juta copy Pokémon Sun and Moon untuk peluncuran. Nintendo pun juga membuka preorder.

Menurut monitoring penjualan Chart-Track; Pokémon Sun and Moon untuk Sony PlayStation 4 menjadi best-selling week setelah diluncurkan di UK minggu lalu. Meski belum menyebutkan angka pasti penjualannya, GamesIndustry melaporkan bahwa penjualan hardware PS4 naik melebihi 140.000 units di akhir minggu 26 November. Itu jauh lebih tinggi ketimbang penjualan Xbox One di minggu yang sama. Penjualan kedua platform ini nampaknya terbantu dengan adanya diskon, dengan harga dibawah £200 untuk console terkini. Penjualan hardware-nya pun juga tertolong karena peluncuran PS4 Pro, dan PS4 Slim dan Xbox One S dengan harga terjangkau. Diskon ‘Black Friday’ juga mempengaruhi penjualan software-nya.

Pokémon Moon and Sun merupakan monster battling waralaba yang sudah berusia 20 tahun. Meski storyline-nya makin lama kurang menarik, keasyikan gameplay yang ditawarkan—menangkap Pokémon, mengingkatkan kemampuan (level up) si Pokémon dan mengalahkan orang jahat yang payah juga Pokémon lainnya—berhasil membuat game bertahan hingga 2 dekade.

Sun and Moon terlihat lebih baik dengan gameplay dan juga visualnya. Setting tempat yang terinspirasi oleh Hawaii, terlihat apik dengan detail dan warna yang dipilih. Trials di Sun and Moon pun cukup berbeda dengan Pokémon X and Y. Walaupun ada upaya untuk terlihat fresh, masih belum bisa menutupi kelemahan terbesar Pokémon Sun and Moon, yaitu di bagian storyline-nya.

Lost Password