Sistem modular baru yang bisa memainkan NES, SNES, PS1, dan lainnya

Berita Games

Ada banyak sistem yang bisa memainkan game game lawas. Ada sistem baru yang bernama RetroBlox, menggunakan design modular agar bisa memainkan game game lawas dengan cartridge aslinya.

Mengikuti berita baru baru ini, tim yang pencipta RetroBlox memberikan beberapa keterangan mengenai sistem ini dan bagaimana cara kerjanya di [websitenya]. Intinya, dengan menyambungkan beberapa “Element Modules”, kita bisa memainkan cartridge/CD melalui “Hybrid Emulation”. Kamu bisa melihat penjelasan teknis bagaimana cara kerja sistem ini [disini]. Bisa dibilang sistem ini tidak se-simple emulator biasa atau sistem FPGA.3192523-1

“RetroBlox dibuat untuk orang orang yang memiliki copy fisik asli gamenya”, yang berarti kamu tidak harus mencari ROM lagi secara online. Namun sistem ini juga bisa mem-backup cartridge dan CD kamu ke dalam sistemnya. Dengan begitu, kamu bisa main tanpa menggunakan cartridge atau CD lagi. Walaupun begitu, game seperti Star Fox, yang terkenal karena menggunakan chip Super FX pada cartridgenya untuk memperkuat grafisnya, “user interfacenya akan memintamu untuk memasukkan cartridge untuk memainkannya agar dapat berjalan dengan mode Hybrid Emulation. Jika tidak, game yang sudah di install akan berjalan dengan sistem emulator biasa.”

Setup ini bisa saja digunakan untuk membajak karena bisa memasukkan game yang sudah di install ke dalam SD card dan mungkin bisa menyebarkannya ke orang lain. Oleh karena itu, SD card yang dipasang akan “dipasang encryption dan signed ke satu sistem saja, ini agar isi SD card tidak dapat dibuka di tempat lain”3192526-4

Menyinggung tentang Nintendo 64, ada beberapa masalah legalitas. “Secara teknis, N64 bisa dimainkan di RetroBlox, namun Nintendo sudah membuat banyak paten untuk sistem tersebut sampai dengan 2001, jadi kami tidak bisa membuatnya kecuali Nintendo memberikan izin untuk membuatnya” RetroBlox menjelaskan “Pada sisi lain, sistem modular memudahkan kita untuk menambah sistem konsol lainnya kedepannya tanpa mengubah hardwarenya, jadi kami pasti akan paling awal jika ada kesempatan yang legal untuk membuat support N64 nantinya.”

Berikut daftar sistem yang support saat ini, dengan tambahan penjelasan dari para developernya:

Dengan Element Module (untuk rilis di Kickstarter — akan ada lagi setelah rilis)

– NES
– SNES / SFC (Tidak bisa backup game Super Game Boy)
– Genesis / Mega Drive (J) / Mega Drive (E) / 32x / SMS support lewat Converter Power Base
– Atari 2600 (Support untuk 7800 akan dikonfirmasi pada bulan April)
– PC-Engine / TurboGrafx-16 / SuperGrafx

Dengan CD/DVD (TBA)

– PSX (PS 1) — Semua region
– Sega CD / 32X CD / Mega CD (J dan E)
– PC-Engine CD / Super CD-ROM / Arcade CD-ROM / TurboGrafx-CD

Untuk mendapatkan RetroBlox, kamu perlu memberi donasi lewat Kickstarter, dan akan dirilis pada bulan April. Akan ada 3 model, masing masing termasuk unit utama dan controller bluetooth, perbedaannya terletak di jumlah Element Module yang termasuk di set (satu, tiga, atau lima-limanya)

Lost Password